Penumpang KAI Daop 9 Jember Naik 14 Persen di Periode Idul Adha 2024

Salah satu Stasiun Kereta Api Daop 9 Jember, Selasa (18/6/2024).(blok-a.com/Kuryanto)
Salah satu Stasiun Kereta Api Daop 9 Jember, Selasa (18/6/2024).(blok-a.com/Kuryanto)

Banyuwangi, blok-a.com – Selama libur Idul Adha 1445 H/2024 M, di wilayah PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember yang terbentang dari Pasuruan hingga Banyuwangi, tercatat sebanyak 47.937 pelanggan menggunakan Kereta Api (KA).

Angka tersebut tercatat untuk keberangkatan penumpang mulai hari Jumat (14/6) hingga Selasa (18/6) atau hari terakhir cuti bersama.

Hal itu disampaikan Humasda KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro.

“Jumlah tersebut meningkat 14 persen dibanding periode yang sama pekan sebelumnya dari Jumat (7/6) – Selasa (11/6) yang hanya memberangkatkan 41.987 penumpang,” terang Cahyo Widiantoro.

Menurut Cahyo, Selasa (18/6) yang merupakan libur hari terakhir diperkirakan menjadi puncak keramaian para penumpang yang akan kembali menuju perantauan.

“Sampai dengan pagi ini, pelanggan yang sudah dilayani Daop 9 Jember mencapai 10.023 penumpang, jumlah tersebut kemungkinan masih akan bertambah,” jelasnya.

Lebih lanjut Cahyo Widiantoro menjelaskan, untuk KA keberangkatan dari Daop 9 Jember, Selasa (18/6) tinggal menyisakan dua KA yang tiketnya masih tersedia.

Yakni KA Blambangan Ekspres yang berangkat dari Stasiun Ketapang pukul 19.35 Wib, dan KA Mutiara Timur yang diberangkatkan pukul 21.45 WIB.

“Selain kedua KA tersebut, tiketnya telah habis terjual, termasuk KA Pandalungan relasi Jember – Gambir PP dan KA Wijayakusuma relasi Ketapang – Cilacap PP,” paparnya.

Cahyo kembali mengingatkan, kepada pelanggan yang akan bepergian dengan menggunakan kereta api untuk tidak membawa barang bawaan secara berlebihan. Agar lebih memudahkan pada saat naik turun dan melakukan pengawasan selama di stasiun maupun di kereta api.

Selain itu beberapa bawang bawaan yang juga tidak boleh dibawa ke dalam kabin penumpang di antaranya makanan yang berbau menyengat, senjata tajam, senjata api, hewan, dan juga barang bawaan yang karena ukurannya dapat mengganggu kenyamanan penumpang yang lain.

“KAI Daop 9 Jember berkomitmen menghadirkan perjalanan kereta api yang aman, nyaman dan selamat untuk para pelanggan mulai saat berada di stasiun, selama dalam perjalanan di dalam kereta, juga ketika para pelanggan tiba di tujuan,” pungkas Cahyo Widoantoro. (kur/lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?