Polresta Banyuwangi Bersama JBS Gelar Diskusi Jurnalis Pelopor Anti Hoaks

Caption : Kasi Humas Polresta Banyuwangi bersama puluhan jurnalis dari berbagai media yang tergabung dalam JBS gelar Diskusi "Jurnalis Anti Hoaks" di Hotel Margo Utomo, Kecamatan Kalibaru, Sabtu (8/6/1024)(blok-a.com/Kuryanto).
Caption : Kasi Humas Polresta Banyuwangi bersama puluhan jurnalis dari berbagai media yang tergabung dalam JBS gelar Diskusi "Jurnalis Anti Hoaks" di Hotel Margo Utomo, Kecamatan Kalibaru, Sabtu (8/6/1024)(blok-a.com/Kuryanto).

Banyuwangi, blok-a.com – Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, SH, SIK, M Si melalui Kasi Humas Polresta Banyuwangi, Ipda Suwandono, mengajak awak media untuk menjadi pelopor anti hoaks, bertempat di Margo Utomo Hill View Resort, Kecamatan Kalibaru, Sabtu (8/6/2024).

Acara Musyawarah I dan Diskusi Jurnalistik “Jurnalis Anti Hoaks”bersama puluhan wartawan dari berbagai media yang tergabung dalam Jurnalis Banyuwangi Selatan (JBS) dikemas ngobrol santai dan kekeluargaan.

“Mari kita menjadi pelopor anti hoaks sebagai peran serta bersama dalam menjaga kondusifitas Banyuwangi,” ucap Ipda Suwandono, saat menjadi pemateri dalam acara tersebut.

Lebih lanjut, polisi yang berdomisili diwilayah Kecamatan Genteng tersebut juga mengulas tentang cepatnya arus informasi diera Revolusi Industri 4.0. Kemajuan teknologi digital berimbas pada membanjirnya pengguna dunia maya.

“Infirmasi di internet, serta media sosial, sering kali memunculkan informasi hoaks. Disini peran jurnalis sangat dibutuhkan,” bebernya.

Menurut Ipda Suwandono, Jurnalis harus mampu tampil sebagai produsen informasi yang akurat. Dan mampu menebar optimisme dan mengedukasi masyarakat.

“Ini tantangan bersama. Untuk itu, mari kita bersama-sama menjadi pelopor anti hoaks. Sesuai dengan tema diskusi kita,” cetus Suwandono disambut tepuk tangan peserta diskusi.

Selama diskusi, puluhan wartawan anggota JBS nampak sangat antusias. Silih berganti mereka melempar pertanyaan hingga membuat diskusi semakin hidup dan menyenangkan.

Ketua panitia kegiatan, Agus Wahyudi, mengaku sangat mengapresiasi kehadiran Humas Polresta Banyuwangi ditengah acara diskusi JBS. Dia berharap sinergi yang terbangun bisa terus terjalin.

“Kami semua siap menjadi pelopor anti hoaks, menjadi mitra Polresta Banyuwangi. Sebagai wujud pengabdian sekaligus peran serta kami untuk turut membangun kondusifitas daerah,” kata wartawan yang akrab disapa Agus Bonar ini.

Untuk diketahui, diskusi jurnalistik dengan tema “Jurnalis Anti Hoaks” ini merupakan rangkaian agenda Musyawarah I JBS. Kegiatan musyawarah memilih ketua tersebut berjalan penuh dinamika. Bahkan tak kalah dengan prosesi pemilihan ketua organisasi nasional.

Diskusi jurnalistik dan Musyawarah I JBS ini dihadiri hampir seluruh awak media yang melakukan aktivitas liputan di Banyuwangi wilayah selatan. Turut hadir pula Dewan Pendiri JBS yang juga Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Banyuwangi, Syamsul Arifin alias Bung Bono. (Kur).

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?