TWA Kawah Ijen Banyuwangi Ditutup Sementara Mulai Hari Ini

Pesona Kawah Ijen Banyuwangi. (dok. Blok-a.com)
Pesona Kawah Ijen Banyuwangi. (dok. Blok-a.com)

Banyuwangi, blok-a.com – Mulai hari ini, Rabu (3/1/2024) Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur melakukan penutupan sementara kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Informasi penutupan tersebut tertera dalam Surat Edaran No. 01/K2/BIDTEK.1/KSA/01/2024.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, Muhammad Yanuarto Bramuda membenarkan kabar penutupan sementara TWA Kawah Ijen.

“Penutupan sementara dilakukan mulai hari Rabu (3/1/2024) dan kami sebelumnya sudah menerima surat edaran dari BBKSDA tersebut,” kata Muhammad Yanuarta Bramuda, Selasa (2/1/2024).

Lebih lanjut Muhammad Yanuarta menjelaskan, pembukaan kembali TWA Kawah Ijen masih menunggu hasil evaluasi dan Rapat Koordinasi (Rakor) BBKSDA yang akan digelar di Surabaya.

Sementara itu, Kepala Bidang KSDA Wilayah III, Purwantono menjelaskan, penutupan TWA Kawah Ijen ini dalam rangka evaluasi kegiatan kunjungan wisata alam selama 2023 dan persiapan kegiatan kunjungan tahun 2024.

“Penutupan Kawah Ijen bukan dilakukan tanpa alasan, terdapat dua tujuan utama dari penutupan ini,” ujar Purwantono.

Evaluasi kegiatan kunjungan wisata alam selama tahun 2023 meliputi jumlah wisatawan, dampak ekonomi yang dihasilkan dari kegiatan wisata, serta dampak lingkungan yang terjadi akibat aktivitas pariwisata.

Sementara, persiapan kegiatan kunjungan wisata alam tahun 2024 mencakup peningkatan sarana dan prasarana wisata, seperti perbaikan jalur pendakian, pembangunan toilet, dan penyediaan tempat sampah.

“Selain itu, pihak BKSDA juga akan mengembangkan program-program wisata yang berkelanjutan, misalnya dengan mengadakan edukasi bagi wisatawan tentang pentingnya menjaga kelestarian alam,” paparnya.

Selama penutupan, semua kegiatan wisata di Kawah Ijen, baik pendakian, wisata alam, maupun wisata lainnya, akan dihentikan.

Informasi terbaru terkait pembukaan Kawah Ijen dapat diikuti melalui website resmi BKSDA Jawa Timur atau media sosial terkait.

“Selanjutnya BBKSDA akan menggelar Rakor terkait evaluasi dan persiapan kegiatan tempat wisata tersebut, penentuan waktu untuk dibukanya kembali TWA Kawah Ijen, besar kemungkinan akan ditentukan setelah Rakor,” pungkasnya. (kur/lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?