Sampah Kiriman di Pantai Pulau Merah Banyuwangi Menurun 40 Persen

Saka Bhayangkara Pangkalan Harimau Jawa Polsek Pesanggaran, Banyuwangi, beserta pengelola wisata, Pokmas, warga sekitar, juga wisatawan membersihkan sampah kiriman di Pantai Pulau Merah, Kamis (18/1/2024).(dok. Polsek Pesanggaran untuk blok-a.com)
Saka Bhayangkara Pangkalan Harimau Jawa Polsek Pesanggaran, Banyuwangi, beserta pengelola wisata, Pokmas, warga sekitar, juga wisatawan membersihkan sampah kiriman di Pantai Pulau Merah, Kamis (18/1/2024).(dok. Polsek Pesanggaran untuk blok-a.com)

Banyuwangi, blok-a.com – Saka Bhayangkara Pangkalan Harimau Jawa Polsek Pesanggaran, Banyuwangi, beserta beberapa anggota TNI, pengelola wisata, kelompok masyarakat (Pokmas), dan warga sekitar, bergotong royong melakukan bersih-bersih sampah di Pantai Pulau Merah, Kamis (18/1/2024).

Nampak beberapa wisatawan baik lokal maupun mancanegara sangat antusias turut membantu kegiatan tersebut.

Kapolsek Pesanggaran, AKP Lita Kurniawan menjelaskan, puluhan anggota Saka Bhayangkara yang hadir dalam kegiatan dipimpin oleh Kanit Binmas Polsek Pesanggaran, Aipda Widodo.

“Sampah yang kita bersihkan ini merupakan dampak kiriman dari musim Angin Barat, yang dalam satu tahun bisa lebih dari satu kali memasuki wilayah Pantai PM,” terang AKP Lita Kurniawan, Jumat (19/1/2024).

Volume sampah yang terdampar di Pantai Pulau Merah telah menurun sebesar 40% dari hari-hari sebelumnya. Kendati demikian, sampah yang datang kali ini berukuran lebih kecil dan menjadi tantangan tersendiri.

“Sampah yang datang sekarang ukurannya lebih kecil, bercampur dengan sampah botol dan gelas plastik yang sulit ditangani karena terisi pasir,” ungkapnya.

Dengan melakukan upaya pembersihan sampah secara bersama-sama, menjadi bukti bahwa rasa kebersamaan, persaudaraan, persatuan dan kesatuan masyarakat wilayah Kecamatan Pesanggaran tetap terjalin dan terjaga.

“Pantai Pulau Merah tetap ramai dikunjungi wisatawan untuk menikmati keindahanya meski sedikit terganggu oleh keberadaan sampah kiriman. Mereka juga terlibat secara langsung membersihkan pantai,” puji AKP Lita Kurniawan.

Sebelumnya, dampak Angin Barat beberapa hari terakhir, membawa tumpukan sampah kiriman dari air laut di sepanjang area objek wisata pantai Pulau Merah Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi.

Ketua Pokmas pantai PM, Rakeh menjelaskan, saat ini pihaknya tengah mengupayakan pembersihan sampah di bibir pantai dengan cara gotong royong bersama masyarakat.

“Kami bersama masyarakat, pedagang, dan pegiat wisata PM, mengupayakan pembersihan sampah yang ada di bibir pantai dengan menggunakan alat seadanya. Termasuk sepeda motor roda 3 untuk mengangkut sampah ke TPS,” kata Rakeh, Jumat (12/1/2024). (kur/lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?