Viral Penampakan Awan Bentuk Ubur-Ubur di Jember, Ini Penjelasan BMKG

Tangkapan layar fenomena awan bentuk ubur-ubur di langit Jember.
Tangkapan layar fenomena awan bentuk ubur-ubur di langit Jember.

Banyuwangi, blok-a.com – Penampakan awan di langit mirip ubur-ubur raksasa, terlihat di wilayah Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Selasa (4/6/2024) pagi.

Gumpalan awan besar yang berbentuk unik dan lapisan berlubang tersebut diabadikan oleh warga dan viral di media sosial.

Dalam cuplikan video singkat, terlihat warga berhamburan keluar sambil memandangi awan ubur-ubur tersebut.

Prakirawan BMKG kelas 3 Banyuwangi, Yustoto Windiarto menjelaskan, fenomena awan yang terjadi di langit Jember tersebut biasa disebut dengan awan Cavum. Fenomena ini tidak ada kaitannya dengan peristiwa bencana.

“Awan Cavum lebih dikenal dengan istilah awan celah melingkar, yakni awan lubang jatuh dan awan lubang-lubang,” ungkap Yustoto Windiarto, Rabu (5/6/2024).

Menurutnya, secara umum lubang pada awan tersebut lebih tampak di lapisan Altocumulus atau awan menengah yang terbentuk.

“Hal itu disebabkan ketika pesawat terbang telah melalui lapisan awan Kumuliform yang tipis. Sehingga memicu terjadinya glasial,” paparnya.

Glasial membuat partikel awan menjadi berubah, yaitu dari tetesan air menjadi pertikel es yang menyebabkan muncul terjadinya efek domino.

“Efek domino bisa menciptakan efek celah di awan. Yakni tempat partikel es turun di ketinggian dan terkadang melengkung karena dampak dari kecepatan angin yang berbeda-beda,” pungkasnya.(kur/lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?